Ingatkan ASN tentang Nasionalisme, Menag Sampaikan Teladan Agus Salim

By Abdi Satria


nusakini.com-Pontianak- Menteri Agama Fachrul Razi mengingatkan Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama agar dapat meningkatkan sikap nasionalisme sekaligus keberagamaan. Ini perlu dilakukan, karena menurut Menag, ASN Kemenag harus dapat menjadi teladan dalam praktek nilai keagamaan yang selaras dengan kebangsaan.  

Pernyataan ini disampaikan Menag saat membuka Rapat Kerja Pimpinan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, di Pontianak. "Saudara-saudara sekalian sebagai ASN Kementerian Agama harus bisa menjadi cermin atau teladan yang baik (uswatun hasanah) bagi lingkungan masing-masing," pesan Menag di hadapan 300an pimpinan satker di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi, Jumat (07/02).  

Menag pun mencontohkan teladan yang diberikan KH Agus Salim. Menurut Menag, KH Agus Salim mencoba mempertemukan antara nilai-nilai agama dengan dialektika kenegaraan. "Beliau mencoba ‘menikahkan’ Islam dan Nasionalisme," ujar Menag.

"Islam dan Nasionalisme yang ada dalam benak beliau ‘menggerakkan’ dirinya untuk memperjuangkan hidup merdeka, beragama, dan tampil bermartabat di muka bumi," imbuh Menag.  

Selain mengingatkan tentang nasionalisme, Menag juga mengingatkan ASN Kemenag agar mampu beradaptasi dengan era disrupsi yang terjadi saat ini.  

"Termasuk di dalamnya adalah mengembangkan layanan publik berbasis pada visi masa depan yang memanfaatkan teknologi informasi," pesan Menag.

Dalam kesempatan tersebut, Menag Fachrul Razi juga menandatangani prasasti peresmian enam gedung baru yang dibangun dengan biaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Keenam gedung tersebut adalah:  

1. Gedung Asrama Siswa Terpadu MTS Negeri 2 Pontianak; 

2. Gedung Asrama Siswa MAN 2 Pontianak;

3. Gedung Pusat Layanan Kegiatan Siswa MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat;

4. Gedung pusat pembelajaran terpadu MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat;

5. Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Pontianak; dan

6. Gedung Kuliah Santo Agustinus Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak.

Turut hadir Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Ridwansyah. Sementara ikut menyertai Menag Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Caliadi dan Kepala Bagian TU Pimpinan Khoirul Huda.  

Menag melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Barat selama tiga hari, mulai 7 hingga 9 Februari 2020. Selain membuka Raker Kanwil Kemenag Kalbar dan meresmikan gedung SBSN, Menag Fachrul Razi juga dijadwalkan akan menghadiri Perayaan Cap Go Meh Nasional yang digelar di Kota Singkawang. (p/ab)